Produktivitas dan Pencapaian #KilasBalik

3:19 AM 2 Comments A+ a-




Pendahuluan :


Titik Jenuh...


Setiap orang pasti pernah alami ini. Titik dimana kita diadapi oleh hal yang cukup sulit. Kenyataan dimana kita tidak tahu apa yang harus dilakukan? apa yang akan kita capai? akan kemana kita melangkah? dan lelah dengan segala hal berbentuk “spirit” dan “komitmen”.

Dengan semua bentuk penat itu, kemudian saya mencoba membuat blog ini. Blog yang sebenarnya bertujuan menghibur diri, dengan mengulas apa saja yang saya lakukan di lima sampai sepuluh tahun kebelakang, yang dengan ini diharapkan saya dapat bercermin, lebih semangat, serta mengetahui jawaban dari pertanyaan yang tadi terulas.

Saya akan membagi rangkaian bertema “kilas balik” ini ke dalam dua blog.

Pertama, yaitu blog ini, mengenai perjalanan dan pengalaman saya yang berjudul “Kilas Balik – Produktivitas dan Pencapaian”

Kedua, yaitu perjalanan dan pengalaman saya di dunia pekerjaan dengan judul “Kilas Balik – Pengalaman Kerja”

Kajian :
Produktivitas dan Pencapaian

Berorganisasi, itu di mulai saat saya duduk di bangku SMA. Kala itu saya sempat mengikuti unit kegiatan seni atau karawitan di SMA Pasundan 1 Bandung sebagai pemain alat musik Gong dan Kempul. Kemudian, sempat mengikuti salah satu kegiatan OSIS sebagai PK (Pendamping Kelas) untuk Kegiatan Orientasi Studi SMA Pasundan 1 Bandung. Namun, kegiatan-kegiatan tersebut hanya aktivitas sampingan, mengingat pandangan saya mengenai dunia pendidikan yang berbeda jauh ketika saya menginjak bangku kuliah. Artinya, itu adalah fase dimana saya “hanya menjalankan” kegiatan sebagai siswa untuk belajar tanpa mengetahui secara pasti bagaimana saya di kemudian hari (sebenarnya berbeda dengan teman-teman saya yang lain - mungkin sampai sekarang, itu kenapa saya membuat blog ini haha), yang kemudian mencoba mengikuti kegiatan lain, berharap dapat membantu saya dari penat selama bersekolah.

Namun pada akhirnya, bukan hanya kegiatan itu saja yang saya coba. Ada hal lain yang saya coba bersinggungan dengan minat saya saat itu.

Kali ini akan saya jabarkan dengan bentuk potret dari kegiatan-kegiatan tersebut :




(Foto ini di ambil dari Instagram saya pribadi @couchpodato)

Ini perlama kalinya saya mengikuti perlombaan di Sekolah Menengah Atas. Singing Contest” program dari OSIS SMA Pasundan 1 Bandung, bersama rekan saya @sylputri. Saya masih ingat saat itu kami membawakan dua buah lagu berjudul “A Whole New World” dan “Just Dance”.
Potret saat mengikuti perlombaan Puisi mewakili kelas IPA 1, program dari Unit Kegiatan Majalah Dinding SMA Pasundan 1 Bandung.

Perlombaan terakhir yang saya ikuti, mewakili SMA Pasundan 1 Bandung di ajang “Concerto Dance Competition”. Ini adalah salah satu pencapaian terbesar saya di ujung masa kelulusan sebagai seorang siswa.

2012, tahun saya menginjakan diri sebagai Mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung. Perguruan tinggi yang saat ini (2017) masuk ke 20 besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

(Di ambil dari akun Instagram @barudakwidyatama)

Organisasi atau kegiatan yang saya ikuti pertama kali adalah sebagai anggota dari divisi konsumsi pada Acara Malam Apresiasi Seni Angkatan (MASA) Program Pemerintahan Mahasiswa Universitas Widyatma, dengan bintang tamu Penyanyi Tulus saat itu. Lalu, sempat menjadi panitia di divisi panggung pada kegiatan Dies Natalis Universitas pada tahun 2013.

Di tahun yang sama, saya menjabat sebagai Ketua di Unit Kegiatan English Club Universitas Widyatama (Utama) selama satu tahun masa jabat dengan dua program induk saat itu, Malam Keakraban dan bakti Sosial, serta program rutin English day, Sport Games, dll.

Di bawah ini, beberapa potret dalam kegiatan Malam Keakraban English Club Universitas Widyatama Bandung, Masa jabat tahun 2012 :

Potret Anggota English Club, Panitia dan Peserta di kegiatan Malam Keakraban.

Potret pengarahan pada kegiatan Malam Keakraban.


Potret pengarahan pada kegiatan Malam Keakraban.

Potret pengarahan pada kegiatan Malam Keakraban.

Potret hiburan pada kegiatan Malam Keakraban English Club.

Potret hiburan pada kegiatan Malam Keakraban English Club.

Potret hiburan pada kegiatan Malam Keakraban English Club.

Potret pelantikan Anggota English Club.

Di bawah ini, beberapa potret dalam kegiatan Bakti Sosial English Club Universitas Widyatama Bandung, Masa jabat tahun 2012 :

Potret Bercerita dengan anak-anak dari Panti Asuhan yang mengikuti program Bakti Sosial English Club.

Potret bersama anak-anak dari Panti Asuhan yang mengikuti program Bakti Sosial English Club.

Potret berbagi dari kegiatan Bakti Sosial English Club.

Potret berkumpul bersama anak-anak dari Panti Asuhan dalam program Bakti Sosial English Club.

Foto di atas merupakan Potret yang tersisa selama masa jabat di English club Universitas Widyatama, sampai akhirnya saya berhenti setelah masa jabat berakhir dan memulai karir saya saat itu sebagai seorang freelancer yang akan saya bahas di blog kedua edisi Pengalaman kerja.

Setelah Resign dari Unit Kegiatan, tidak ada orgaanisasi lain yang saya ikuti sebagai kesibukan selain bekerja dan fokus kuliah. Sampai akhirnya saya dapat lulus dengan waktu 3,5 tahun pada bulan Mei 2016 dan lulus dengan kriteria nilai sangat memuaskan. Namun di sela-sela masa lulus dan bekerja, saya pun mencoba hal lain yang belum saya coba sebelumnya sebagai seorang emcee bersama rekan saya @putliana.

Berikut beberapa potret yang berkaitan selama menjadi emcee di dua acara :

Potret menjadi emcee di acara “Musical by Era” program Unit Kegiatan Paduan Suara Universitas Widyatama.

Potret menjadi emcee di acara “Musical by Era” program Unit Kegiatan Paduan Suara Universitas Widyatama.

Potret menjadi emcee di acara “Musical by Era” program Unit Kegiatan Paduan Suara Universitas Widyatama.

Potret menjadi emcee di acara Job Fair Universitas Widyatama (2015-2016).

Potret menjadi emcee di acara Job Fair Universitas Widyatama (2015-2016).

Potret menjadi emcee di acara Job Fair Universitas Widyatama (2015-2016).

Adapun potret sebagai pencapaian lainya :

  
Potret setelah menjadi juara dua lomba Expo Kewirausahaan se-Universitas Widyatama dengan piala dari Koran Pikiran Rakyat bersama rekan saya Denysa dan Fajar Maulana yang kebetulan tidak ada dalam foto.

Dan yang Terakhir ini, merupakan kegiatan yang saya jalani di tahun 2016-2017, yaitu menjadi seorang produser di channel Youtube Mumpung Muda Production yang dapat di lihat di https://www.youtube.com/channel/UCoQ5wvo57AdDsBoWhs341mg


Potret beberapa video di channel Mumpung Muda Production.

Potret Mumpung Muda Production.

Maksud dan Kesimpulan :

Maksud saya membuat blog kali ini adalah untuk memberi gambaran kepada diri saya sendiri terhadap produktivitas dan pencapaian apa saja yang sudah saya coba dan lakukan selama lima sampai sepuluh tahun kebelakang, yang sengaja saya tulis di blog pribadi sehingga dapat menjadi karya tersendiri dan pengingat di kala saya merasa sulit.

Adapun kesimpulan bahwa setidaknya dalam fase jenuh kali ini saya dapat menyadari suatu hal, bahwa ada hal-hal yang sudah saya coba dan lakukan selama saya hidup. Ada bentuk produktivitas dan prestasi tersendiri yang sudah saya coba raih selama ini. Dengan begitu, saya harus bisa menjadi pribadi yang lebih produktif, berprestasi, juga meraih hal lain yang lebih besar kedepannya bukan sebaliknya.

Semoga blog kali ini dapat menjadi cerminan di kala saya merasa jatuh dan menjadi motor penggerak hidup saya setelahnya, juga harapan lain semoga para pembaca dapat terinspirasi.
(Blog selanjutnya di pengalaman kerja  – Jurnal Salman)

2 comments

Write comments